Lamongan 24 Juni 2022, mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan program studi Manajemen Pendidikan Islam selesai melakukan kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) yang bertempat di MA Mazro’atul Ulum Paciran. Kegiatan PLP merupakan salah satu program unggulan Program Studi manajemen pendidikan islam (MPI) yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester VI (enam). Tahun ini kegiatan PLP dilaksanakan dari tanggal 2 Mei 2022 sampai 30 Juni 2022.

PLP merupakan salah satu upaya program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah INSUD Lamongan untuk mencetak lulusan yang kompeten sesuai dengan bidang studi. Kegiatan PLP sendiri meliputi beberapa kegiatan seperti observasi, wawancara serta dokumentasi di sekolah atau madrasah yang menjadi tempat praktik dengan tujuan utama menganalisis 8 standar nasional pendidikan (SNP) serta mengetahui kelebihan dan kekurangan pada lembaga tersebut.

Ibu Hidayatul Mufidah selaku dosen pengampu mata kuliah praktikum MPI berpesan bahwa mahasiswa harus mampu membuat program kegiatan yang dapat direalisasikan pada lembaga yang dijadikan tempat praktik sesuai dengan hasil observasi 8 standar nasional pendidikan (SNP). Sedangkan waka kurikulum MA Mazra’atul Ulum berpesan  “Program PLP bukan hanya untuk laporan mata kuliah saja kemudian selesai. Dari sini dapat belajar banyak hal dari lembaga tersebut dengan cara menganalisis serta mempelajari kembali karena sukses tidaknya PLP tergantung dari jiwa mahasiswa pribadi. Tetap semangat semoga mendapatkan ilmu manfaat”.

Dari analisa kelompok kami kegiatan PLP di tempat kami berjalan cukup lancar, beberapa faktor pendukung adalah adanya dukungan serta bimbingan dari bapak dan ibu guru yang baik serta bimbingan Ibu dosen. Sedangkan faktor penghambat yaitu waktu yang bertepatan dengan hari libur siswa.

(PENULIS: ERLINA SEFTIANA MAFTUCHAH/MPI VI-A)

 

Kegiatan wawancara dengan kepala madrasah

 

Kegiatan observasi kelas

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *