Lamongan, bertepatan pada tanggal 26 Juni 2022 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut pesantren Sunan Drajat Lamongan mengikuti acara seminar edukatif yang diadakan oleh Progam Studi MPI bekerja sama dengan HIMMAPRODI MPI. Kegiatan seminar mengangkat tema “Penguatan karakter mahasiswa dalam bidang penelitian program studi Manajemen Pendidikan Islam”. Acara seminar dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00 bertempat di gedung auditoium PonPes Sunan Drajat.

Kegiatan seminar tersebut merupakan salah satu program kerja prodi MPI dengan tujuan membekali mahasiswa program studi manajemen pendidikan islam baik semester 2, 4 maupun 6 dalam menyusun penelitian hususnya skripsi dan artikel. Acara seminar dihadiri oleh dua narasumber yang keduanya merupakan alumni prodi MPI INSUD Lamongan yang sedang melanjutkan studi s2 yaitu kak Riska Yudha Rahma, S.Pd, dan kak Nanda Rizka Wiliyanto s.Pd. Selain itu, juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Bapak Fahrur Rosikh S.Pd, M.Pd,  Kaprodi MPI, bapak Muhammad Hasyim Rosyidi M.Pd.I dan sekretaris prodi MPI, bapak Muhammad Haris S.Pd.I, M.Pd.I.

Acara seminar berjalan dengan lancar dan sukses sesui dengan rencana. Antusiasme mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam dalam mengikuti acara tersebut sangat besar terbukti dengan ruangan terisi penuh. Dalam sambutanya, bapak Fahrur Rosikh selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan bahwa menulis karya ilmiah merupakan makanan wajib bagi mahasiswa, setiap mahasiswa harus mau belajar dan terus berlatih untuk menulis karya ilmiah dan meneliti. setelah acara seminar berlangsung beberapa hal-hal penting baik permasalahan akademik maupun non akademik juga disampaikan oleh bapak Hasyim Rosyidi, selaku kaprodi MPI.

Dalam seminar tersebut, kak Nanda Rizky Wiliam selaku narasumber pertama bercerita tentang pengalamannya dalam menulis skripsi bahwa “ketika membuat judul skripsi, buatlah judul penelitian skripsi yang sesuai dengan kemampuan dan kalian memahami tentang judul skripsi yang kalian kerjakan. Jangan lupa terus perbanyak literasi dengan membaca buku, baik jurnal maupun artikel di google scholar, jurnal, di perpustakaan nasional dan lain sebagainya. Selain itu menurut kak Riska Yudha Rahma selaku narasumber kedua dalam seminar tersebut juga mengatakan bahwa “ketika membuat Judul skripsi, mahasiswa harus membuat kisi-kisi terlebih dahulu guna memudahkan dalam penelitian serta harus mempunyai target dalam diri individu. Tantangan dan rintangan dalam menulis skripsi pasti ada. Jadi, tetap semangat dalam mencapai kesuksesanmu”.

(PENULIS: ERLINA SEFTIANA MAFTUCHAH/MPI VI-A)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *