Lamongan, 18-07-2022. Untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa, Prodi PBA Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dengan tema “Torehan tintamu hari ini akan akan menuai catatan sejarah di hari esok”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa Arab.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan program kerja tahunan HIMMAPRODI PBA yang bertujuan agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk menulis, bukan hanya kemampuan menulis karya tulis ilmiah saja melainkan juga bisa menulis karya non ilmiah dan bila perlu sampai mampu menerbitkan buku, novel, majalah dan lain-lain. Kemampuan menulis bagi mahasiswa merupakan salah satu aspek berbahasa yang sangat penting, dengan kemampuan tersebut mahasiswa dapat mengungkapkan ide, pikiran, kreativitas dan kemampuannya melalui tulisan.

Bapak Sunaji, S.Pd., M.Pd selaku pemateri pada kegiatan jurnalistik mengatakan Bersahabatlah dengan Kitab, karena dunia banyak cerita. Beliau juga berpesan agar penulis harus rajin membaca, ujar beliau yang bisa mendorong dan membangkitkan semangat para mahasiswa untuk menjadi penulis. Kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat sebagaimana yang disampaikan salah satu peserta pelatihan jurnalistik “Menyenangkan, menambah wawasan, dan semangat, karena bapak sunaji bukan hanya membantu dengan teori saja, melainkan juga membantu kita dalam menyelesaikan majalah,  dan membuat kita semangat untuk menjadi seorang penulis” ujar Riska Zahrotul Jannah mahasiswi PBA semester 2.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik sangat penting bagi mahasiswa terlebih bagi mahasiswa semester akhir yang sedang menyelesaikan skripsi atau tugas akhir sebagai syarat kelulusan.

(PENULIS: FASIKHA ZAKIAH AKMALAH/PBA VI-A)

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *